Ini Penyebab Perut Kencang Saat Hamil Muda

Perut kencang waktu hamil muda mungkin saja saja berlangsung pada Anda. Keadaan ini mungkin saja seringkali menyebabkan kecemasan ibu hamil, walau biasanya hal tersebut adalah sistem normal untuk mensupport perubahan bayi.

Untuk kehamilan normal, biasanya hal semacam ini tidak beresiko. Tetapi, tak ada kelirunya apabila tetaplah mewaspadai yang dirasakan ini serta cermati dengan jeli selanjutnya. Bila berlangsung sampai empat kali dalam satu jam, baiknya konsultasi dengan dokter.

perut kencang waktu hamil muda

Penyebabnya yang Umum Terjadi 

Perut kencang waktu hamil muda, biasanya dikarenakan rahim yang tengah berkembang juga akan mendorong otot-otot perut. Mengakibatkan, perut jadi merasa kencang.

Diluar itu, perut kencang waktu hamil muda dapat juga dikarenakan banyak hal, seperti :
  • Nyeri ligamen (round ligament pain) 
Round ligament yaitu jaringan yang menolong menyangga rahim, jaringan ini tersambung dari sekitaran rahim sampai lipat paha. Bersamaan dengan mengembangnya kehamilan, jadi ukuran rahim juga juga akan turut berkembang. Hal semacam ini mengakibatkan ligamen-ligamen itu turut meregang, serta menyebabkan rasa tidak nyaman berbentuk nyeri. Perut yang telah kencang karna ada pelebaran rahim, juga akan merasa lebih kencang karna ada rasa nyeri pada ligamen.
  • Konstipasi 
Perut kencang waktu hamil muda dapat juga karena sebab ibu hamil alami konstipasi atau sembelit serta perut kembung. Ketika hamil, kandungan hormon progesteron bertambah. Hingga sistem pencernaan jadi lebih lambat. Sakit pada perut karna hal semacam ini bisa diatasi lewat cara konsumsi makanan yang sifatnya melunakkan tinja seperti serat dari buah serta sayuran, berolahraga serta minum semakin banyak cairan terlebih air putih.
  • Kram 
Kram dapat jadi sinyal tanda awal kehamilan pada beberapa wanita. Bila Anda merasakannya, janganlah cepat-cepat cemas. Kram berlangsung saat hamil muda karna ketika itu sel telur yang sudah dibuahi tengah coba menempel pada dinding rahim. Perut kencang waktu hamil muda yang karena sebab kram dapat juga berlangsung saat kehamilan memijak trimester ke-2. Sepanjang kehamilan, jadi otot rahim juga akan berusaha keras untuk melindungi kehamilan. Pada bebrapa waktu spesifik sepanjang kehamilan, seperti saat menahan buang air kecil atau lakukan senam, otot rahim yang telah kencang sepanjang kehamilan, jadi lebih gampang alami kram.
  • Sesudah terkait seks 
Penyebabnya beda dari perut kencang waktu hamil muda yaitu karna terkait sex sampai menjangkau orgasme. Waktu orgasme, otot-otot juga akan bereaksi serta bisa punya pengaruh pada vagina dan rahim, hingga menyebabkan kram. Ketika berikut perut merasa kencang.
  • Penyebabnya yang Lebih Serius 
Rasa nyeri atau perut kencang waktu hamil muda dapat juga karena sebab keadaan yang lebih serius, seperti kehamilan ektopik. Hal semacam ini berlangsung saat telur yang sudah dibuahi oleh sperma tidak melekat di rahim. Seringkali melekat di tuba falopi. Biasanya ibu hamil yang menanggung derita kehamilan ektopik juga akan terasa sakit yang cukup kronis serta perdarahan pada umur kehamilan 6-10 minggu.

Rasa tidak nyaman pada perut waktu hamil muda dapat pula dirasa jika berlangsung keguguran spontan. Umum berlangsung pada umur kehamilan di bawah 13 minggu. Diikuti dengan rasa nyeri dibagian punggung serta kontraksi terus-terusan dan perdarahan.

Terkecuali, itu perut merasa kencang waktu hamil muda mungkin saja adalah tandanya kalau Anda alami keadaan beda, seperti batu ginjal, usus buntu, atau infeksi saluran kemih (ISK). Terkadang tanda tidak terang, karna cuma berbentuk sakit rasa seperti sakit perut biasanya. Juga peluang tanda jadi samar pada penyakit beda atau karna keadaan kehamilan tersebut.

Baiknya siaga bila perut kencang waktu hamil muda disertai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan atau terus-terusan, mual serta muntah, demam, menggigil, nyeri waktu buang air kecil, keluar cairan dari vagina, atau ada perdarahan dari vagina.

Pada intinya perut merasa kencang waktu hamil muda tidak beresiko serta tidak membahayakan janin. Tetapi, bila rasa nyeri tidak kunjung reda dan belum juga di ketahui pemicunya, dianjurkan untuk memperiksakan-diri ke dokter untuk memperoleh penyembuhan yang pas.

Postingan terkait: