Ketahui Pertolongan Pertama Serangan Jantung Untuk Menyelamatkan Nyawa

Ketidaksamaan datangnya pertolongan dalam hitungan detik bisa memastikan hidup matinya seorang. Ini kenapa tehnik pertolongan pertama serangan jantung begitu perlu dikuasai, terlebih untuk mereka yang seringkali ada dekat dengan pasien penyakit jantung.

Serangan jantung yaitu keadaan darurat media dimana berlangsung pemutusan atau penghentian aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Keadaan ini bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung karna tidak memperoleh supply oksigen, serta dapat mengakibatkan kematian.

 serangan jantung

Makin cepat pasien tiba dirumah sakit, keinginan hidupnya makin besar serta resiko rusaknya jantung makin menyusut. Pada banyak masalah, pasien serangan jantung terlambat memperoleh pertolongan serta wafat sebelumnya tiba dirumah sakit. Rata-rata pasien menanti tiga jam atau lebih sebelumnya pada akhirnya mencari pertolongan untuk mengatasi serangan jantung yang keluar.

Cepat Mengetahui Tanda 

Tanda serangan jantung berlainan pada setiap orang, bergantung umur, type kelamin, serta tingkat keparahannya. Pasien diabetes, wanita, serta lanjut usia dapat mempunyai tanda yang berlainan dari biasanya.

Untuk memberi pertolongan pertama pada serangan jantung, ketahui sinyal tanda yang memberikan indikasi seorang alami serangan.
  • Dada merasa nyeri, tertekan, atau sesak sepanjang sebagian menit, tinggal atau hilang muncul. Rasa sakit ini dilatarbelakangi penyumbatan aliran darah ke otot jantung. 
  • Nyeri dada bisa menyebar ke lengan, pundak kiri, punggung, leher, rahang, tulang dada, serta badan sisi atas. 
  • Mual, muntah, nyeri ulu hati, serta masalah pencernaan. 
  • Badan merasa begitu lemas serta pusing. 
  • Keluar keringat dingin. 
  • Sesak napas. 
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur. 
  • Ada perubahan status mental. 
Bila Anda sendiri yang alami serangan jantung, jauhi mengemudikan kendaraan sendiri ke rumah sakit. Minta orang yang lain atau panggil ambulans untuk membawa Anda.

Langkah Memberi Pertolongan 
Perlu untuk ketahui pertolongan pertama serangan jantung. Bila seorang mendadak alami serangan jantung, hal pertama yang butuh dikerjakan yaitu :
  • Pasien mesti duduk beristirahat serta berupaya tetaplah tenang. Ia bisa duduk di kursi, di lantai, atau bertumpu pada dinding. Duduk di lantai buat mereka lebih tidak berisiko alami cedera bila pingsan. 
  • Longgarkan semuanya baju. 
  • Bila telah sempat diresepkan obat nitrogliserin terlebih dulu oleh dokter, selekasnya beri. Langkahnya pemberiannya dengan menempatkan tablet dibawah lidah. 
  • Bila pasien tidak mempunyai kisah perdarahan maupun alergi, pasien bisa diberi aspirin 325 mg untuk dikunyah. Jauhi memberi apapun lewat mulut, terkecuali nitrogliserin atau obat beda yang telah sempat diresepkan terlebih dulu. 
  • Selekasnya hubungi UGD atau rumah sakit paling dekat. 
  • Selekasnya kerjakan RJP (resusitasi jantung paru) sesudah menghubungi UGD, bila pasien tidak sadar atau tidak merespons. Kerjakan RJP lebih dahulu sepanjang satu menit sebelumnya mengontak UGD bila pasien yaitu balita atau anak-anak. 
  • Panggil pertolongan paling dekat bila Anda terasa cemas. Namun janganlah sesekali meninggalkan pasien sendirian. 
  • Beri persuasi positif sembari menanti ambulans datang. 
  • Janganlah menanti sampai tanda berlalu untuk menyebut pertolongan. Juga janganlah membujuk pasien untuk berasumsi kalau tandanya yaitu hal umum. 
Dirumah sakit, dokter UGD juga akan mengecek serta menggerakkan tes seperti tes darah untuk memonitor enzim jantung, Rontgen dada, serta elektrogardiogram (EKG) untuk ketahui apakah nyeri dada benar dikarenakan penyakit jantung atau penyakit beda. Pasien serangan jantung mesti selekasnya memperoleh pertolongan secepat-cepatnya dirumah sakit kurun waktu 90-120 menit atau 2 jam sesudah keluar tanda. Pertolongan dirumah sakit sedini mungkin saja untuk melakukan perbaikan aliran darah jantung dapat dikerjakan dengan prosedur PCI (Percutaneous Coronary Intervention) atau angioplasti.

Untuk menghindar terjadinya serangan jantung, orang dengan penyakit jantung mesti berhenti merokok ataupun konsumsi minuman mengandung alkohol, dan melindungi desakan darah, gula darah, serta kolesterolnya tetaplah normal. Perlu untuk konsumsi makanan sehat serta berolahraga teratur, dan melindungi supaya berat tubuh tetaplah normal.

Postingan terkait: