Ganti Makanan 4 Sehat 5 Prima dengan Dasar Gizi Seimbang

Slogan makanan 4 Sehat 5 Prima yang dahulu sempat dikampanyekan oleh pemerintah saat ini telah ditukar dengan Dasar Gizi Seimbang (PDG). Apa sajakah isi PDG?

Arti makanan 4 Sehat 5 Prima pastinya tidak asing sekali lagi di telinga kebanyakan orang Indonesia. Menu makan yang terbagi dalam makanan pokok, lauk pauk, sayuran, serta buah-buahan ditambah susu itu mulai diperkenalkan pemerintah di th. 1952. Tetapi, slogan itu dipandang telah tidak penuhi perubahan serta pemenuhan gizi manusia masa saat ini. Oleh karenanya, pemerintah ganti prinsip makanan 4 Sehat 5 Prima dengan Dasar Gizi Seimbang.

Ganti Makanan 4 Sehat 5 Prima dengan Dasar Gizi Seimbang

Dasar Gizi Seimbang merujuk pada Nutrition Guide for Balanced Diet, yakni hasil perjanjian konferensi pangan sedunia pada th. 1992. Dalam Dasar Gizi Seimbang pengganti makanan 4 Sehat 5 Prima, dijelaskan ada 4 point yang perlu ditempuh supaya keperluan gizi kita tercukupi, yakni :

Konsumsi makanan beragam 

Pada makanan spesifik ada sumber gizi yang tak ada di makanan beda. Umpamanya, ikan memiliki kandungan banyak protein namun sedikit kalori, sedang buah serta sayur kaya serat, vitamin, serta mineral tetapi sedikit protein serta kalori. Spesial untuk bayi baru lahir sampai 6 bulan, disarankan untuk cuma minum air susu ibu (ASI).

Membiasakan tingkah laku hidup bersih 

Punya kebiasaan hidup bersih bisa menghindari serta menghindari kita dari infeksi, bakteri, serta kuman penyebabnya penyakit. Umpamanya dengan senantiasa memakai alas kaki saat keluar tempat tinggal, tutup mulut serta hidung saat bersin, tutup makanan supaya tidak dihinggapi lalat, serta membersihkan tangan dengan air bersih serta sabun setiap kali akan makan atau sesudah buang air besar ataupun buang air kecil.

Beraktivitas fisik 

Rajin bergerak serta berolahraga teratur bisa menolong mengatur berat tubuh, menghindar atau kurangi resiko penyakit serta keadaan fisik spesifik, tingkatkan mood supaya tidak stres, tingkatkan daya, buat tidur jadi pulas, melindungi serta membuat otot serta tulang, membuat perlindungan sel sampai tunda penuaan kulit, melindungi memori serta kesehatan otak, kurangi nyeri, dan tingkatkan kehidupan seksual jadi tambah baik.

Menjaga serta memonitor berat tubuh 

Awasi selalu berat tubuh kita supaya sesuai sama Indeks Massa Badan (IMT). IMT adalah pengukuran lemak badan berdasar pada tinggi serta berat tubuh. Nilai IMT tinggi mengisyaratkan ada obesitas, apabila nilainya rendah dapat bermakna ada kekurangan konsumsi kalori serta protein.

Dalam Dasar Gizi Seimbang pengganti makanan 4 Sehat 5 Prima juga ada tips mengkonsumsi keseharian yang dimaksud Tumpeng Gizi Seimbang. Berisi yaitu saran untuk :
  • Membatasi konsumsi gula (4 sendok makan), garam (1 sendok teh), serta minyak (5 sendok makan). 
  • Konsumsi sumber protein seperti ikan, daging, ayam, telur, makanan laut, kacang-kacangan sejumlah 2-4 jumlah. 
  • Minum air putih 8 gelas. 
  • Makan sayuran 3-4 jumlah. 
  • Konsumsi buah-buahan 2-3 jumlah. 
  • Konsumsi karbohidrat 3-4 jumlah. 
  • Teratur olahraga serta bergerak. 
  • Memonitor berat tubuh. 
  • Melindungi kebersihan. 
Yuk, mulai mempraktekkan Dasar Gizi Seimbang pengganti makanan 4 Sehat 5 Prima supaya badan tidak keunggulan atau kekurangan gizi. Makin bermacam makanan yang dikonsumsi, makin tinggi keperluan gizi yang terpenuhi.

Postingan terkait: